https://poweredtemplate.com/id/how-to-drive-in-the-new-normal-instagram-carousel-powerpoint-template-75747/

Saat ini desain visual menjadi tren di media sosial, khusunya bagi pengguna instagram. Banyak pelaku bisnis memanfaatkan instagram sebagai media utama dalam mempromosikan produk atau pelayanannya. Instagram memiliki banyak fitur yang mendukung hal tersebut. Salah satunya yang paling gencar digunakan dalam Instagram adalah carousel. Carousel adalah proses menampilkan gambar-gambar yang diberi efek slide dan saling berkaitan antara gambar yang satu dengan yang lainnya. Metode carousel ini dinamakan posting fitur multiple upload dan masksimal ada 10 gambar yang bisa diupload dalam setiap postingan. Berikut ini adalah salah satu carousel post instagram.

Dengan menggunakan desain carousel, kita dapat menampilkan informasi atau konten secara detail, ringkas, to the point, dan nyaman untuk dilihat.

Kali ini saya akan membahas langkah-langkah dalam membuat desain carousel dengan menggunakan aplikasi yang sudah familiar kita gunakan, yaitu powerpoint. Contoh yang akan kita buat seperti ini:

Langkah 1. Mengatur ukuran kanvas

Buka powerpoint –> masuk menu design –> pilih slide size – custom slide size –> ketik 1080px atau 11,25 in pada width dan height –> pilih maximize.

Langkah 2. Mengatur background

Atur warna background yang sesuai dengan tema dari konten feed kalian. Berikut ini langkah-langkah dalam mengubah warna background.

klik kanan pada slide –> pilih format background –> pilih warna yang kalian inginkan

Langkah 3. Memasukkan gambar

Biasanya desain carousel menggunakan gambar yang tidak terlalu ramai dan memiliki white space (ruang kosong) untuk diberikan tulisan. Gambar yang sering digunakan adalah foto orang, produk, maupun gambar flat. Sedangkan beberapa situs gratis yang sering saya digunakan di antaranya freepik.com, pexels.com, pixabay.com, icons8.com, unsplash.com, dan klipartz.com. Supaya bisa menggunakan foto ini tanpa terkena copyright, maka sertakan link situs / copyright di caption atau postingan Anda.

Kali ini kita akan bahas cara memasukkan gambar menggunakan pexels.com.

1. Masuk ke situs web www.pexels.com atau gunakan link berikut pexels.com.

2. Masukkan kata kunci dalam Bahasa Inggris, misalkan happy man (Orang laki-laki yang bergembira)

3. Pilih salah satu gambar kemudian klik unduh gratis, jangan lupa sertakan tautan ke foto tersebut

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Langkah 4. Hilangkan background foto

Dalam membuat konten menggunakan carousel, background gambar biasanya tidak terlalu dibutuhkan, untuk itu perlu dihilangkan. Dalam menghilangkan background gambar, kita bisa dengan mudah menggunakan powerpoint, tetapi hasil yang diperoleh terkadang kurang smooth. Sehingga saya biasanya menggunakan aplikasi online dalam menghilangkan backround gambar. Aplikasi yang biasanya saya gunakan dalam menghilangkan background gambar adalah remove background dan fococlipping.

Kali ini kita akan bahas cara menghilangkan background menggunakan fococlipping.

1. Masuk ke situs web www.fococlipping.com atau gunakan link berikut fococlipping.

2. Upload Image yang akan kita hilangkan backgroundnya

3. Jika hasilnya sudah sesuai harapan maka bisa langsung kita download dalam format .png atau .jpg

Langkah 5. Mendesain gambar sebagai carousel menggunakan powerpoint

Dalam mendesain gambar sebagai carousel di powerpoint tentunya kita harus masukkan gambar terlebih dahulu, ada dua cara dalam memasukkan gambar ke slide powerpoint, yaitu kita bisa langsung drag foto yang sudah di download tadi ke slide atau gunakan menu insert. Berikut ini langkah-langkah dalam mendesain gambar sebagai carousel.

1. Masukkan gambar ke slide powerpoint
Klik menu insert –> picture –> this device (pilih file yang akan dimasukkan ke slide)

2. Tempatkan gambar di pinggir kanan serta memotong slide lalu Crop sesuai ukuran slide.

3. Duplicate slide kemudian geser gambar ke pinggir kiri kemudian Crop gambar kebalikannya.
Untuk menggeser gambar gunakan shift + gambar agar posisi gambar tidak berubah.

Langkah 6. Masukkan teks sesuai konten

Untuk slide pertama gunakan judul yang singkat, jelas, dan dapat menarik perhatian pengunjung untuk melihat postingan. Gunakan font yang tebal, huruf kapital, ukuran diperbesar, dan sebaiknya kalimat penting pada judul di highlight. Jangan lupa untuk masukkan media sosial kalian di slide agar lebih mudah dikenali. Sedangkan slide selanjutnya bisa kalian gunakan untuk memulai konten yang akan kalian bagikan.

Langkah 7. Gunakan transisi untuk mengecek tampilan carousel kalian

Blok semua slide –> menu Transitions –> Push –> Effect Options From Right –> On Mouse Click

Langkah 8. Simpan dalam file gambar di satu folder

Klik menu File –> Save As –> Pilih file type JPEG atau gunakan shortcut F12 kemudian beri nama file, misalkan carousel. Selanjutnya tekan Save, maka akan ada pilihan Which slides do you want to export?, maka pilih All Slides. Kemudian akan ada notifikasi bahwa file akan disimpan secara terpisah tiap slide pada satu folder, maka tekan saja OK.

Langkah 9. File gambar siap diupload di Instagram

File sudah tersimpan dalam satu folder berbentuk gambar dan terpisah tiap slidenya

By smartstriker82

Guru Matematika di SMP Al Hikmah Surabaya

4 thoughts on “Cara membuat carousel menggunakan powerpoint”
  1. Ilmu yang bermanfaat, barokallah ustd.
    Guru harus belajar belajar belajar mengajar
    Maturnuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published.