Tiap-tiap manusia yang diciptakan oleh Allah di dunia ini tentunya mempunyai sifat yang berbeda-beda. Allah percaya bahwa manusia dengan macam-macam sifat atau karakteristik yang telah diciptakannya dapat menjadi khalifah / pemimpin untuk menjaga dan merawat bumi ini , seperti yang terdapat pada QS. Al Baqorah ayat 30:

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Aku hendak menjadikan khalifah di bumi.” Mereka berkata, “Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu?” Dia berfirman, “Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”

Ketika kita kembali lagi memahami arti dari kata khalifah, ‘Khalifah’ disini merupakan wakil dari Tuhan untuk menjaga dan merawat bumi ini sehingga menjadi lebih baik. Tentunya menjaga dan merawat ini merupakan konteks yang sangat luas. Tidak hanya menjaga dan merawat alam di sekitar kita, baik itu berupa tumbuhan, binatang dan sebagainya. Tetapi juga menjaga dan merawat hubungan antarsesama umat manusia sehingga bisa hidup dengan aman dan damai. Menjadi sebuah tantangan bagi manusia itu sendiri supaya bisa mengenal orang lain sehingga dapat terbentuk suatu kerjasama yang baik untuk mewujudkan kehidupan yang tentram dan damai.

Diperlukan sebuah pemahaman yang baik supaya kerjasama tersebut dapat terjalin, salah satunya dapat dimulai dengan mengenal tipe kepribadian manusia. Dengan mengetahui kepribadian manusia maka kita bisa menjalin komunikasi yang baik dan tepat.

Sebelum mengenal 4 tipe kepribadian manusia, silahkan terlebih dahulu mengisi angket tersebut untuk mengetahui kepribadianmu sendiri.

Sekadar berbagi pengetahuan, postingan kali hanya memberi gambaran berkaitan dengan 4 tipe kepribadian manusia yang telah dikelompokkan para ahli psikologi. Dengan mengetahui tipe-tipe kepribadian manusia, maka kita akan lebih menghargai watak atau karakter manusia yang satu dengan yang lain sehingga kita akan dapat saling memahami. Berikut ini 4 tipe kepribadian yang terdapat dalam diri manusia:

  1. Koleris → dijuluki si “Kuat” karena sering dominan dan kompetitif.
  2. Plegmatis → dijuluki si “Cinta Damai” karena kesetiaannya dan menghindari konflik.
  3. Sanguin → dijuluki si “Populer” karena pandai persuasif dan ingin terkenal.
  4. Melankolis → dijuluki si “Sempurna” karena perfeksionis dan serba teratur.

Dalam diagram dapat digambarkan sebagai berikut:

By smartstriker82

Guru Matematika di SMP Al Hikmah Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.